10 Hal Dasar Yang Wajib Dikuasai Oleh Pengguna CorelDRAW

18.11.00

Ucorelers, Sebenarnya dalam mendesain menggunakan CorelDraw anda tidak harus memahami semua tool dan fungsi secara keseluruhannya. Karena pada dasarnya ada tool-tool yang hanya bersifat sekunder. Maka oleh karena itu kita hanya perlu memahami tool-tool primer saja. Tetapi ini berlaku untuk anda yang baru memulai, berbeda dengan mereka yang sudah punya jam terbang yang tinggi. Sehingga menjadi wajib untuk memahami yang lain juga.

Disini saya akan merangkup beberapa tool dan fungsi primer berdasarkan pengalaman 5 tahun saya menggunakan CorelDraw. Bisa jadi apa yang tulis berbeda dengan pendapat orang lain. Jadi review ini bersifat relatif. Tapi dari pandangan saya setelah melatih program CorelDraw di beberapa tempat, Saya menyimpulkan ke 10 hal ini akan sangat membantu dalam memulai penggunaan software desain grafis besutan Corel Corporation ini.

Oke, langsung saja, kita akan mulai melihat ke 10 hal yang wajib dikuasai oleh pengguna CorelDraw. perhatikan baik-baik.

1. Pick Tool

Menurut saya, hal pertama yang harus kita ketahui saat menggunakan CorelDraw adalah pick tool. Sebab jika kita hitung, satu-satunya tool yang selalu kita pergunakan adalah tool tersebut. Sekilas saya telah menjelaskan fungsinya di Tool-tool pada toolbox beserta fungsinya. Namun untuk lebih jelas, bagamana memahami cara dan fungsi kerja pick tool. Saya rekomendasi anda untuk berkunjung ke artikel Cara menggunkan pick tool pada CorelDRAW yang ditulis oleh Tutorial Desain Grafis.

2. Tracing

Tracing adalah proses pembentukan line atau objek dengan menggunakan tool tertentu. Tool yang saya maksud sebenarnya sudah saya bahas di artikel Belajar Menggunakan Freehand, 2-Point Line, Bezier, Pen, B-Spline, Polyline Dan 3-Point Curve. Dan semua tool yang saya bahas di artikel tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu tracing. 

3. Shape Tool

Pada toolbox, anda akan mendapati shape tool berada di bawah pick tool. Shape tool berfungsi untuk mengatur dan mengedit line dengan bantuan pointer (titik-titik biru). Lebih lanjut jika anda ingin menguasai tracing dengan sempurna maka anda juga harus menguasai shape tool. Artikel cara memakai shape tool pada CorelDRAW agaknya akan sangat membantu anda untuk memahami penggunaan tersebut. Silahkan dicoba.!

4. Shaping 

Shaping adalah fungsi pembentukan objek dengan beberapa style khusus. Untuk menemukan shaping anda harus melakukan syarat khusus yaitu, anda harus menyeleksi minimal dua buah objek vektor. Baru kemudian anda bisa mendapatinya di Object - Shaping. Berikutnya anda akan dapat memilih style yang anda perlukan, diantaranya, weld, trim, combine, intersect dll.

5. Align and Distribute

Disamping pembentukan dan editing objek. Maka teknik dasar yang harus dikuasai oleh pengguna CorelDRAW, adalah pengaturan posisi objek yang tersusun dalam fungsi Align and Distribute. Selanjutnya anda bisa baca di artikel yang saya tulis khusus yang membahas tentang belajar menggunakan align and distribute.

6. Order

Masih seputar posisi objek, teknik untuk mengedepankan atau membelakangi objek juga wajib diketahui. Fungsi ini setidaknya akan mengefektifkan kita dalam melakukan proses desain. Nah,kuncinya adalah hanya menghafal shortcut order. Misalnya shift + page down (Mengebelakangi objek secara total), shift + page up (Mengedepankan objek secara total), ctrl + page down (Mengebelakangi objek dari satu objek didepannya), ctrl + page up (mengedepankan objek dari satu objek dibelakangnya).

7. Edit Fill / Fill Tool

Selanjutnya adalah pewarnaan. Juga merupakan bagian penting dari pembelajaran menggunakan CorelDRAW. Pada tool box anda dapat memilih edit fill/ fill tool. Selanjutnya kita bisa memilih jenis style warna yang diinginkan, apakah uniform fill untuk satu warna, fountain fill untuk penggabungan 2 warna atau lebih atau pattern untuk pewarnaan dengan pola. Teknisnya silahkan dilihat di sini.

8. Powerclip 

Memasukan satu objek ke objek vektor lain adalah fungsi dari powerclip. Pilih Object -  Powerclip - Place inside frame. Selanjutnya dapat anda baca di belajar menggunakan powerclip. Saya fikir fungsi ini juga sering sekali digunakan. Jadi harus benar-benar memahaminya juga.

9. Text Tool

Teks tidak akan terpisahkan dari desain. Makanya teknik yang satu ini juga wajib diketahui. Lebih lanjut anda bisa pelajari di Text tool membuat tulisan dengan CorelDRAW yang ditulis oleh 7demits. 

10. Ellipse Tool, Rectangle Tool & Polygon Tool

Tiga jenis tool diatas saya satukan sebagai satu kesatuan, karena melihat fungsi dan teknik penggunaan yang sama, namun hanya berbeda dibentuknya saja. Oleh karena itu saya fikir tidak lengkap rasanya jika desainer tidak mengenal ketiga tool tersebut. Terlebih dengan banyaknya bentuk ellipse, rectangle dan polygon yang ada pada seni grafis. Untuk teknik penggunaannya sendiri tidak sulit. Anda cuma klik ikon-ikon tool tersebut dalam toolbox dan dapat langsung digunakan. Untuk editingnya anda tinggal atur di property bar.

Desainer Grafis Aceh yang konsen pada program CorelDraw. Aktif mengisi pelatihan-pelatihan desain grafis di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar
EmoticonEmoticon

LAIN LAIN

Artikel Terkait (13) Blogger (3) Brosur (5) cdr (16) Corel (3) Download (54) Kalender (1) Kaos (2) Logo (5) Tips dan Trik (22) Tutorial (18) Vektor (7) Windows 10 (1)