Memahami Cara Kerja Dan Fungsi Smart Fill Tool

07.59.00

Smart fill tool yang sebelumnya penah saya jelaskan singkat di Tool-tool pada toolbox beserta fungsinya adalah tool yang berfungsi membuat objek baru pada areal yang terbentuk dari line maupun objek lainnya.

Fungsi pada smartfill akan sangat membantu dalam mempercepat pembuatan objek tanpa perlu melakukan tahapan-tahapan yang menyita waktu. Namun, juga yang diperhatikan dalam penggunaan smart fill adalah kesalahan yang sering terjadi sehingga fungsinya tidak termaksimalkan. Oleh karenanya selain memahami cara kerja dan fungsi smartfill, saya juga akan memberikan tips menghindari kesalahan dalam penggunaan tool ini. 

Membentuk objek dari line yang saling bersinggungan


Disini saya akan memberikan tips kepada anda tentang cara membentuk objek dengan menggunakan smartfill tool hanya dari beberapa line atau garis. Untuk percobaanya silahkan buat sebuah garis.


Tambah garis kedua, usahakan garis-garis tersebut memotong satu sama lain.


Terakhir buat sebuah garis yang ketiga dan saling berpotongan dengan garis pertama dan kedua. Jika kita perhatikan dengan seksama, pada perpotongan garis tersebut tebentuk gambaran segitiga. Nah, dari sini kita coba membentuk objek segitiga tersebut dengan menggunakan smartfill tool. 


Caranya, perhatikan toolbox yang ada disamping kiri dokumen. Cari ikon Smart Fill seperti gambar yang ada diatas. Kemdian klik ikon tersebut.


Setelah anda mengklik ikon smart fill tool, maka secara otomatis akan muncul menu di property bar. Sedikit penjelasan tentang property bar smartfill tool. Pada property ini ada dua bagian yang harus anda ketahui, pertama adalah Fill Options, adalah opsi pewarnaan objek yang terbentuk. Didalam opsi ini anda dapat memilih use default (warna bawaan putih), specify (warna yang disesuaikan) no fill (tidak ada warna). Yang kedua Outline atau garis pinggir untuk pilihannya sendiri masih sama dengan Fill option. Dan disebelah kanan outline adalah angka yang menunjukan ketebalan garis.


Saat setelah memilih smart fill tool, selain adanya perubahan property bar. Ada pula perubahan pada kursor. Hal tersebut menandakan bahwa anda siap untuk membuat objek dengan mengarahkan kursor tersebut ke segitiga yang terbentuk dari persinggungan garis-garis yang sudah kita buat sebelumnya. Dan hasilnya setelah anda mengklik dibagian itu, maka objek pun terbentuk didalamnya. 

Membentuk objek dari objek lain yang saling bersinggungan


Pada bagian ini, saya akan menjelaskan kepada anda tentang membentuk objek dari objek lain yang saling bersinggungan. Untuk contohnya, saya buat sebuah rectangle.


Kemudian, buat rectangle kedua yang saling bersinggungan dengan rectangle yang sebelumnya.


Lakukan tahap yang sama seperti sebelumnya dengan memilih ikon smart fill tool pada toolbox. Dan arahkan pada areal yang ingin dibuat objeknya. Pada gambar saya mengambil hasil persinggungan antar keduanya dengan menggunakan warna hijau.


Kita juga bisa mengambil areal yang berbeda untuk dibentuk objek. Misalnya pada gambar diatas.


Supaya lebih meyakinkan bahwa objek yang terbentuk adalah objek baru. Saya menghapus semua objek rectangle. Dan yang tersisa hanya hasil objek yang kita buat melalui smart fill tool.

Kesalahan dalam penggunaan smart fill tool dan solusinya


Kebanyakan kesalahan ini terjadi pada pembentukan objek dengan menggunakan media line. Karena tidak saling bersinggungannya garis yang satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh kasus, saya membuat sebuah line seperti pada gambar diatas. Disini saya akan mencoba membuat objek baru pada bagian dalam line tersebut dengan menggunakan smart fill tool.


Setelah mengklik ikon smart fill tool dan mengklik area didalam garis tersebut. Hasilnya malah seperti ini. Dan mungkin anda akan sering mengalaminya juga.



Dan jika kita kembali ke line tersebut. Maka setelah diselidiki dan diperbesar, kesalahannya ada pada line yang tidak bersinggungan atau tidak menutup areal pembentukan objek. 


Maka solusinya ada hanya perlu memanjangan sedikit line tersebut hingga semua line tertutup dan menyatu. 


Dan jika anda sudah menutupnya dan kemudian mengulang proses smart fill tool. Maka hasilnya akan seperti diatas. Jadi intinya jangan sampai terjadi 'kebocoran'. Selamat mencoba.

Desainer Grafis Aceh yang konsen pada program CorelDraw. Aktif mengisi pelatihan-pelatihan desain grafis di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar
EmoticonEmoticon

LAIN LAIN

Artikel Terkait (13) Blogger (3) Brosur (6) cdr (23) Corel (4) Download (57) Kalender (1) Kaos (2) Logo (9) Tips dan Trik (23) Tutorial (18) Vektor (8) Windows 10 (1)