Jenis-Jenis Logo

17.17.00
Ucorelers, logo adalah bagian penting dalam brand sebuah institusi maupun perusahaan. Logo yang baik mampu menggambarkan tujuan perusahaan hanya melalui sebuah ukiran kecil yang tergambar dari sebuah logo. Tapi siapa sangka, walaupun cukup sederhana ternyata logo juga memiliki klasifikasi khusus. Dengan klasifikasi ini setidaknya akan sangat membantu para desainer dalam mendesain logo. Berikut penjelasannya,

1. Brand Mark

Jenis logo yang pertama adalah brand mark. Logo ini hanya terdiri dari tampilan brandnya saja. Tidak ada embel-embel tulisan. Sekilas jika melihat logo ini kita akan kesulitasn melihat visi perushaan. Sebab tampilan sederhana tanpa penjelasan apapun. Kecuali jika kita pengamat filosofis logo, sudah tentu akan mudah melihat gambaran brand tersebut.
Logo Apple
Logo Android

2. Word Mark

Kebalikan dari Brand Mark. Logo Word Mark hanya terdiri dari tulisan yang menggambarkan perusahaan tersebut. Tidak ada embel-embel brand, karena tujuannya tulisan tersebutlah yang menjadi brandnya. Kekurangannya logo ini lebih susah diingat ketimbang Brand Mark yang tampilannya lebih simpel.

Logo Lenovo
Logo Acer
3. Letter Mark

Jika dilihat secara kasat mata, Letter Mark masih satu keluarga dengan Word Mark. Cuma yang berbeda pada Letter Mark adalah pada segi artistik tulisan yang variatif. Sedang Word Mark hanya mengedepankan sistematis tulisan. Setidaknya anda bisa membandingkannya dengan melihat beberapa logo dibawah ini.

Logo Ebay
Logo Exxon Mobil
4. Combo Mark

Penggabungan antara Word Mark/Letter Mark dan Brand Mark disebut Combo Mark. Yaitu logo yang terdiri dari brand dan diikuti dengan tulisan yang menjelaskan perusahaan atau intitusi tersebut. Dilihat dari logo ini, kemampuan orang lain untuk memahami langsung dan mengingatnya dengan kuat sangatlah mungkin. Sebab fungsi kedua jenis logo yang tergabung dalam Combo Mark akan sangat membantu menjelaskan maksud dan tujuan perusahaan.

Logo Fanta
Logo Adidas

5. Emblem

Berbeda dengan jenis-jenis yang lainnya. Emblem adalah jenis logo yang terdiri dari sebuah huruh yang diartistikkan. Sama-sama simpel tapi Emblem berbeda dengan Brand Mark. Jika Brand Mark mengacu pada logo yang bebas tanpa batasan, maka Emblem hanya terbatas pada huruf yang membentuknya.

Logo Blogger
Logo Wordpress

Desainer Grafis Aceh yang konsen pada program CorelDraw. Aktif mengisi pelatihan-pelatihan desain grafis di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
17 Juli 2016 01.31 delete

Logo lenovo qo enggak kebuka kangg ?

Reply
avatar
yongky
AUTHOR
25 Desember 2016 20.46 delete

bahasan bentuk logo menarik untuk disimak :)

Reply
avatar

Berikan komentar
EmoticonEmoticon

LAIN LAIN

Artikel Terkait (13) Blogger (3) Brosur (5) cdr (16) Corel (3) Download (54) Kalender (1) Kaos (2) Logo (5) Tips dan Trik (22) Tutorial (18) Vektor (7) Windows 10 (1)