Tutorial Mendesain Kaos Vektor

00.39.00

Ucorelers, Biasanya dalam pembuatan kaos. Kebanyakan orang menggunakan Mock Up untuk menampilkan desain yang lebih real. Tapi tentu tidak sedikit pula yang hanya menggunakan vektor sebagai basis tampilan kaosnya. Termasuk saya.

Karena selain simpel, kaos dalam basis vektor lebih mudah dibuat. Makanya kali ini saya coba sedikit membahas tentang tata cara mendesain kaos. Untuk yang baru belajar. Coba ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan seksama.

#tTahap 1

Cari sebuah kaos asli yang akan kita bentuk sebagai vektor. Kenapa harus seperti itu? Ya, karena kalau dibentuk dari dasar. Lumayan ribet. Tapi kalau sudah mahir ya tidak masalah.

#Tahap 2

Selanjutnya dengan menggunakan Bezier tool atau Pentool. Bentuk setengah baju. Ingat setengah saja.

#Tahap 3



Kenapa harus setengah? Karena tentu bagian yang satunya juga memiliki bagian yang sama. Jadi cukup copy dan paste. Gunakan Mirror Horizontal untuk membuat hasil duplikasi menjadi terbalik secara horizontal. 

#Tahap 4

Kalau diperhatikan baik-baik, Kita akan menemukan pada celah atau bagian yang tidak tertutup. Kenapa harus tertutup, saya akan jelaskan ditahap berikutnya.

#Tahap 5


Karena posisi line yang kita buat terdapat celah. Maka gunakan tools yang sama untuk menutupnya. Ingat, buat benar-benar tanpa celah.

#Tahap 6


Ambil sebuah tools bernama Smart Fill Tool yang terdapat di Toolbox. Fungsinya adalah membuat objek melalui line yang saling menyatu dan tak memiliki celah.

#Tahap 7

Jika anda sudah memilik tools Smart fill tool. Maka selanjutnya arahkan cursormya ke line yang membentuk kaos. Klik diareal kaos tersebut. Jika belum berhasil kemungkinan besar masih terdapat celah. Tutup rapat celah tersebut. Jika sudah berhasil, Selamat!

#Tahap 8

Lakukan pewarnaan dengan objek yang terbentuk dari Smart Fill Tool

#Tahap 9


Buat ornamen kerah seperti gambar diatas

#Tahap 10


Masih menambahkan ornamen, sekarang giliran bagian lengan yang ditambahkan ornamen dengan warna yang berbeda. Lihat contoh pada gambar. Lakukan hal yang sama pada lengan yang satunya.

#Tahap 11
Setelah selesai pemberian ornamen. Jangan lupa tambahkan kata-kata pada bagian depan kaos jika diperlukan. Gunakan teks tool untuk menambahkannya.

#Tahap 12

Lanjutkan dengan membuat bagian belakang kaos. Anda hanya cukup mengkopi bagian depan yang baru saja dibuat kemudian edit ornamen seperti pada gambar diatas.

#Tahap 13

Untuk melengkapi desain kaosnya. Buat pula bagian sampingnya. Langkah-langkahnya dapat anda lihat diatas.

#Tahap 14


Satukan semua desain yang telah dikerjakan. Dan lihat hasilnya. Kaos anda pun selesai.

Desainer Grafis Aceh yang konsen pada program CorelDraw. Aktif mengisi pelatihan-pelatihan desain grafis di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar
EmoticonEmoticon

LAIN LAIN

Artikel Terkait (13) Blogger (3) Brosur (5) cdr (16) Corel (3) Download (54) Kalender (1) Kaos (2) Logo (5) Tips dan Trik (22) Tutorial (18) Vektor (7) Windows 10 (1)