Membuat Lipatan Kertas Flat Manual

08.28.00



Ucorelers, di era berkembangnya desain flat belakangan ini. Maka jenis-jenisnya pun mulai beragam. Nah salah satu bentuk desain flat tersebut adalah pada lipatan kertas. Jika anda lihat sebenarnya desain lipatan kertas tersebut sangat sederhana. Namun punya nilai seni yang luar biasa.

Sebenarnya jika anda menggunakan CorelDraw, Tidak sulit untuk menggunakan Effect lipatan kertas karena memang sudah disediakan pada menu Effect dan dilakukan secara otomatis. Namun kekurangannya, effect tersebut hanya bisa berfungsi pada objek-objek bitmap. Sedangkan Tips yang saya berikan ini dilakukan secara manual namun tetap mempertahankan basis Vectornya. 

Sekali lagi, walaupun cukup sederhana, namun anda wajib memahami konsep kerja lipatan manual itu sendiri. Sehingga menghasilakn lipatan yang benar dengan warna ideal. Baik, untuk lebih memahami, mari kita coba untuk membuat. Dibawah ini adalah langkah-langkahnya, walaupun saya hanya membentuknya dari persegi kecil, namun cara kerjanya akan sama dengan objek sebesar apapun. Yuk kita lihat:


Siapkan sebuah persegi lengkap dengan warnanya.



Buat sebuah persegi lainnya yang bersinggunangan dengan persegi yang sudah anda warnai.



Gunakan Bezier tool pada tool box untuk membentuk line yang memotong sebagian persegi kedua.



Pada tool box. Pilih Smart fill tool untuk mewarnai area warna objek. Lihat langkah selanjutnya.



Arahkan cursor smarfill kedalam perpotongan objek yang telah anda buat. 



Masuk ke tahap pewarnaan lipatan. Gunakan rumus seperti yang saya gunakan diatas untuk membuat warna lipatannya. Sedikit saya jelaskan. Sediakan warna dasar, kemudian drag (sambil menahan tombol CTRL) warna hitam dan arahkan ke warna dasar, lakukan sekali lagi untuk menambah kehitaman pada warna dasar.


Gunakan Eyedropper tool. Ambil warna yang sudah anda campur dengan dua warna hitam tadi. Dan arahkan pada objek yang terbentuk dari Smart Fill Tool.


Hapus persegi kedua untuk memudahkan pengerjaan selanjutnya.



Potonglah persegi dengan menggunakan objek hijau. Masih ingat caranya? ya, seleksi persegi dengan objek hijau, kemudian gunakan Trim. Baca juga Belajar Menggunakan Trim.



Hapus objek hijau tadi dan lihat hasilnya. Sekali lagi, walaupun objek yang saya contohkan adalah persegi kecil, namun untuk objek lainnya yang lebih besar tetap digunakan konsep yang sama. Thanks!

Desainer Grafis Aceh yang konsen pada program CorelDraw. Aktif mengisi pelatihan-pelatihan desain grafis di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments

Berikan komentar
EmoticonEmoticon

LAIN LAIN

Artikel Terkait (13) Blogger (3) Brosur (6) cdr (23) Corel (4) Download (57) Kalender (1) Kaos (2) Logo (9) Tips dan Trik (23) Tutorial (18) Vektor (8) Windows 10 (1)