Export File CorelDraw ke Format PDF

18.37.00

Ucorelers, salah satu format yang juga paling sering digunakan seseorang untuk mengkonvert atau merubah format sebuah hasil grafis adalah PDF. Memang jika dibanding JPEG/JPG dan PNG, format PDF belumlah sepadan. Namun jika diukur dari profesi seorang layouter, tentu PDF akan lebih banyak dipakai.

Portable Document Format (PDF) adalah format file yang digunakan untuk menyajikan dokumen dalam aplikasi perangkat lunak , perangkat keras, dan sistem operasi. Setiap file PDF merangkum keterangan lengkap dari dokumen datar tata letak tetap, termasuk teks , font, grafis, dan informasi lain yang dibutuhkan untuk menampilkannya. Jika tertarik mempelajari format-format export yang terdapat dalam CorelDraw, baca artikel : Macam-macam Format Eksport CorelDraw Lengkap Dengan Fungsinya.

Lantas, apakah ada perbedaan antara format export PDF dengan format lainnya?. Tentu, namun perbedaannya hanya pada pengaturan dan optional hasil export saja. Untuk caranya tetap exportnya tentu sama saja dengan cara export untuk format diluar PDF. Walaupun begitu saya akan tetap memaparkan cara singkat melakukan Export file CorelDraw (CDR) ke format PDF.



Dalam mengkonversi file ke PDF, hal paling diperhatikan adalah tentang jumlah page yang akan di export. Mudahnya coba anda perhatikan dengan seksama ebook-ebook yang pernah anda download. Pasti didalamnya terdapat minimal 2-3 halaman. Walaupun jika kita export 1 page juga tetap bisa. Hitunglah jika kita ingin membuat sebuah proposal dengan bentuk PDF. Pastikan anda telah mendesain semua halamannya. Mulai dari cover, daftar isi, isi , dan penutup. Contohnya dapat anda lihat pada gambar.


Tahap selanjutnya untuk dapat melakukan export, pilih File - Export. Atau selengkapnya anda dapat membaca di Cara Import dan Export File di CorelDraw.


Kotak dialog untuk export format akan muncul. Di Save as Type pilih format PDF. Dan jangan lupa untuk memberikan nama pada file yang akan di Export. Lalu klik Export.


Selanjutnya kita akan diarahkan pada pengaturan hasil export. Secara default export range akan mengexport semua page yang ada dalam 1 dokumen. Sehingga nantinya dokumen tersebut akan membentuk ebook. Kemudian klik OK.


Untuk melihat hasilnya, buka storage penyimapanan file yang baru saja anda simpan. Perhatikan baik-baik pada tanda merah disudut kanan bawah. Icon tersebut merupakan logo acrobat. Tentu berfungsi sebagai program yang mendukung file-file yang berformat PDF. Dan jika sudah mendapat icon tersebut  atau icon-icon yang mendukung format PDF lainnya. Berarti file anda sudah sukses ter-export ke bentuk PDF. 

File diatas dapat anda download di postingan Download Contoh Proposal Sponsorship Versi PDF dan CDR. Terima kasih.

Desainer Grafis Aceh yang konsen pada program CorelDraw. Aktif mengisi pelatihan-pelatihan desain grafis di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar
EmoticonEmoticon

LAIN LAIN

Artikel Terkait (13) Blogger (3) Brosur (5) cdr (16) Corel (3) Download (54) Kalender (1) Kaos (2) Logo (5) Tips dan Trik (22) Tutorial (18) Vektor (7) Windows 10 (1)