Cara Import dan Export File di CorelDraw

16.45.00

Ucorelers, sebelumnya tips dan trik ini saya peruntukan untuk pemula. Sebab Import dan Export adalah persoalan dasar. Walaupun begitu saya rasa pembahasan ini masih dirasa perlu untuk mereka yang mengawali karirnya didunia desain grafis, khususnya dalam penggunaan program CorelDraw.

Sebelum masuk ke cara penggunaan Import dan Eksport. Baiknya kita harus mengetahui dulu apa fungsi keduanya. Sebenarnya secara makna jelas mudah untuk memahaminnya. Namun sedikit berbeda jika diterjemahkan ke dalam istilah CorelDraw.

Import adalah proses memasukkan gambar/bitmap ke dokumen kerja. Sedangkan Export adalah mengkonvert gambar yang sebelumnya berbasis vektor CDR ke basis formar yang lain. Untuk format-format lainnya dapat anda lihat di Macam-macam Format Export CorelDraw. Baik, untuk mengetahui cara kerjanya, langsung saja kita lihat caranya :

Import


Buka dokumen kerja baru. Lihat caranya di Tutorial Membuat Dokumen Kerja Baru.


Dan untuk melakukan Import gambar. Pada menu utama pilih File - Import.


Selanjutnya kita diarahkan ke storage komputer, cari gambar yang ingin kita masukkan kedalam dokumen. Setelah selesai. Pilih Import.



Setelah muncul cursor untuk melakukan import. Drag cursor tersebut sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Atau jika tidak mau repot-repot untuk men-drag gambar. Saat muncul kursor untuk melakukam import. Cukup klik dua kali bebas, maka otomatis gambarnya akan langsung tampak.

Seperti ini contohnya. Gambarnya pun tampak. 

Export


Selanjutnya, untuk melakukan export. Siapkan gambar yang telah selesai anda buat di dokumen kerja. 


Kemudian, di menu utama. Pilih File - Export.


Selanjutnya kita diarahkan ke kotak dialog penyimpanan dan konversi format. Pilih tempat dimana file akan disimpan. Kemudian beri nama file dan dibagian Save as type. Pilih format yang kita inginkan. Misalnya JPEG, PNG atau PDF. Klik Export untuk menyelesaikannya.


Diakhir, kita akan disuguhkan dengan hasil konversi gambar ke format yang telah dipilih. Jika memang sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Klik OK.

Cara pintas melakukan Import dan Export


Pada bagian Standard Bar (baca juga : Elemen-elemen dan Istilah-istilah CorelDraw). Perhatikan dua ikon diatas. Ikon kiri menunjukan Import dan kanan menunjukan Export. Atau jika kita ingin lebih singkat. Cukup ketik CTRL+I untuk Import dan CTRL+E untuk Export. Selamat mencoba guys.

Desainer Grafis Aceh yang konsen pada program CorelDraw. Aktif mengisi pelatihan-pelatihan desain grafis di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar
EmoticonEmoticon

LAIN LAIN

Artikel Terkait (13) Blogger (3) Brosur (6) cdr (23) Corel (4) Download (57) Kalender (1) Kaos (2) Logo (9) Tips dan Trik (23) Tutorial (18) Vektor (8) Windows 10 (1)