Belajar Menggunakan Combine

08.37.00

Ucorelers, Jika sebelumnya kita telah mempelajari Weld. Maka berikutnya kita akan sedikit membahas saudaranya, yaitu Combine. Beberapa tool seperti weld, trim, intersect dan termasuk juga combine memang menjadi santapan wajib bagi siapa saja yang ingin bekerja cepat dan efisien.

Awalnya, saya fikir combine adalah penggabungan dua buah objek yang akan membentuk satu buah objek. Ternyata anggapan saya salah, hal tersebut adalah fungsi dari Weld. Lantas sebenarnya apa fungsi Combine?.

Combine merupakan tool unik yang berfungsi melubangi satu objek dengan objek lainnya (Jika ada yang tidak berkenan dengan pernyatan ini tidak masalah, toh masing-masing punya pendapat yang berbeda-beda). Memang pada dasarnya objek yang telah di Combine akan tetap menyatu, namun bukan dalam bentuk penambahan, melainkan pengurangan objek. 

Perlu diingat combine dapat diterapkan dalam sebuah basis. Baik itu vektor maupun bitmap. Kebetulan dalam tutorial ini saya menggunakan basis vektor. Jika anda masih bingung, coba ikuti langkah-langkah berikut:

Tahap #1


Untuk memulainya, mari kita buat sebuah rectangle (persegi) dengan menggunakan rectangle tool. Beri warna untuk menandakannya. Contohnya seperti warna hijau diatas. (Abaikan garis biru)

Tahap #2


Untuk menguji combine nya. Buat lagi sebuah rectangle yang berlainan warna (hitam). Tempatkan objek baru tersebut didalam objek rectangle sebelumnya dengan ukuran yang lebih kecil.

Tahap #3


Seleksi kedua objek dengan menggunakan pick tool. Atau dengan menahan tombol shift untuk masing-masing objek.

Tahap #4


Selanjutnya lihat bagian atas dibawah opsi menu utama, muncul beberapa tool khusus. Salah satu dari opsi ini adalah Weld dan Combine.

Tahap #5


Pilih icon diatas untuk melakukan combine. Dan mari kita lihat hasilnya.

Tahap #6


Dan seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Objek yang lebih kecil membentuk lubang pada objek rectangle yang lebih besar. Coba perhatikan rectangle putih (berada di rectangle hijau). Pada akhirnya rectangle putih bukanlah objek melaikan hasil potongan dari objek sebelumnya. 

Kalau anda masih bingung. Sebaiknya anda mempraktekkannya langsung. Dengan mempraktekkannya, anda akan langsung memahami apa yang saya sampaikan di dalam artikel ini. Thanks! 

Desainer Grafis Aceh yang konsen pada program CorelDraw. Aktif mengisi pelatihan-pelatihan desain grafis di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Berikan komentar
EmoticonEmoticon

LAIN LAIN

Artikel Terkait (13) Blogger (3) Brosur (5) cdr (16) Corel (3) Download (54) Kalender (1) Kaos (2) Logo (5) Tips dan Trik (22) Tutorial (18) Vektor (7) Windows 10 (1)